BeritaEsport – Menteri Ekonomi Kreatif sekaligus Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Teuku Riefky Harsya, menggelar pertemuan dengan PT Monster Entertainment Indonesia (Moonton) untuk mendiskusikan pengembangan industri esports di Indonesia. Pertemuan tersebut berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, pada Jumat, dan bertujuan membahas kolaborasi strategis dalam rangka memajukan ekosistem esports nasional.
Dukungan untuk M7 World Championship di Indonesia
Dalam pertemuan ini, Riefky memberikan dukungan penuh terhadap rencana penyelenggaraan M7 World Championship. Turnamen bergengsi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) yang direncanakan berlangsung di Indonesia. Acara ini diharapkan mendapat sambutan hangat dari komunitas MLBB lokal yang sangat besar.
Namun, Riefky juga menekankan pentingnya keberimbangan antara pengembangan esports global dan dukungan terhadap industri game lokal. “Pemerintah harus mendorong ekosistem game lokal agar bisa bersaing secara global. Jika ada kolaborasi yang melibatkan pendampingan bagi pengembang lokal, dampaknya akan sangat positif,” ujar Riefky dalam siaran pers.
Esports dan Sentuhan Lokal untuk Ekonomi Kreatif
Wakil Menteri Ekonomi Kreatif, Irene Umar, menyoroti pentingnya sentuhan lokal dalam rangkaian acara seperti M7. Ia menyarankan pemanfaatan produk ekonomi kreatif lokal yang bisa diintegrasikan ke dalam game MLBB, seperti collectibles item atau elemen desain khas Indonesia.
“Kompetisi ini dapat menjadi peluang besar untuk memperkenalkan produk ekraf lokal. Dengan adanya elemen lokal, dampak positifnya dapat langsung dirasakan oleh pengrajin dan pengembang game Indonesia,” kata Irene.
Komitmen Moonton untuk Indonesia
Martinus Manurung, Head of Business Development Moonton. Menyampaikan bahwa MLBB telah menjadi lebih dari sekadar game; ia mencerminkan gaya hidup digital masyarakat Indonesia. Pihaknya berkomitmen untuk menjadikan M7 World Championship sebagai momentum memperkuat ekosistem esports lokal.
“Kami ingin memastikan Indonesia dapat menjadi tuan rumah yang sempurna untuk M7 World Championship. Kolaborasi ini tidak hanya mendukung industri esports. Tetapi juga memberikan peluang bagi pelaku industri kreatif Indonesia,” jelas Martinus.
Selain itu, Moonton berencana untuk menyelenggarakan program-program yang mendukung komunitas esports sekaligus membawa dampak positif melalui inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
Langkah Lanjutan
Diskusi tersebut turut melibatkan Deputi Bidang Kreativitas Digital dan Teknologi, Muhammad Neil El Himam, serta Kepala Subdirektorat Pemasaran dan Komersialisasi Gim, Iman Argiono. Mereka memastikan langkah kolaborasi ini akan terus diawasi dan dikembangkan agar memberikan manfaat maksimal bagi ekosistem esports Indonesia.
Dengan rencana besar ini, industri esports di Indonesia tidak hanya akan mendapatkan perhatian internasional tetapi juga membawa dampak positif bagi sektor ekonomi kreatif lokal. Dukungan pemerintah dan pelaku industri diharapkan dapat menciptakan ekosistem yang inklusif dan berkelanjutan.
#EsportsIndonesia #MobileLegends #EkonomiKreatif